Heboh, Video Penumpang Pesawat Batik Air Mengamuk Gara-Gara Mesin Mati

Heboh, Video Penumpang Pesawat Batik Air Mengamuk Gara-Gara Mesin Mati - Hallo sahabat Berita Informasi Dan Tutorial Teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Heboh, Video Penumpang Pesawat Batik Air Mengamuk Gara-Gara Mesin Mati, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Peristiwa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Heboh, Video Penumpang Pesawat Batik Air Mengamuk Gara-Gara Mesin Mati
link : Heboh, Video Penumpang Pesawat Batik Air Mengamuk Gara-Gara Mesin Mati

Baca juga


Heboh, Video Penumpang Pesawat Batik Air Mengamuk Gara-Gara Mesin Mati


Ilustrasi, Batik Air A320


Jurnalpolitik.id - Video para penumpang pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 7054 rute Palembang–Jakarta mengamuk dan minta turun akibat pesawat yang ditumpangi mengalami dua kali mati mesin heboh di media sosial.

Peristiwa ini terjadi di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Jumat 7 Desember 2018.

Dalam rekaman itu, para penumpang memaksa untuk minta turun kepada seorang pramugari karena khawatir dengan kondisi pesawat yang telah dua kali mati mesin. Namun, pilot pesawat yang saat itu masih tetap memaksa untuk terbang.

Permintaan dari pilot yang menginginkan pesawat untuk tetap terbang akhirnya membuat para penumpang marah dan akhirnya penumpang diturunkan.

Saat dikonfirmasi, Corporate Communication Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro membenarkan kejadian tersebut.


Ketika proses penumpang masuk ke pesawat selesai dan posisi pesawat masih landing parker di Apron. Sekitar pukul 14.30 WIB, tiba-tiba Ground Power Unit (GPU), perangkat yang menyediakan sumber energy pesawat mengalami penurunan daya (down). Akibatnya, sistem listrik pada kabin pesawat terganggu.

“Oleh karena itu, guna memastikan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan penerbangan, teknisi, pilot, dan ground handling segera melakukan pengecekan,” kata Danang.

Danang melanjutkan, untuk memastikan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan penerbangan, teknisi, pilot dan ground handling pun langsung melakukan pemeriksaan terhadap GPU dan diputuskan untuk mengganti GPU tersebut dengan GPU yang lainnya. Setelah pergantian tersebut, semua sistem kelistrikan pesawat menjadi normal kembali.

“Nah, selama proses pergantian GPU tersebut, demi menjaga kenyamanan, tamu yang sudah berada di kabin kami minta untuk kembali menuju ruang tunggu terminal dan untuk diberangkatkan menggunakan pesawat lainnya,” terang Danang.

Pihak maskapai pun langsung menginformasikan penundaan keberangkatan kepada seluruh penumpang. Bahkan, pihaknya pun memberikan kompensasi atas keterlambatan atau delay ini berdasarkan ketentuan.

“Kompensasi keterlambatan (delay management) berdasarkan ketentuan. Dalam hal ini, Batik Air juga memfasilitasi permintaan tamu, seperti yang akan melakukan pengembalian dana (refund) dan perubahan jadwal terbang (reschedule) sesuai ketentuan,” tuturnya.

Soal penumpang yang sempat dilarang turun, menurut Danang, hal itu disebabkan kondisi pesawat yang sudah laik terbang. 

“Karena pesawat dalam kondisi laik terbang, tidak ada masalah. Ada kendala kinerja GPU. Posisi pesawat masih di darat. Atas kerja sama pilot, petugas ground handling dan teknisi segera melakukan pemeriksaan terhadap GPU dan diputuskan untuk mengganti GPU tersebut dengan GPU yang lainnya. Setelah pergantian tersebut semua system kelistrikan pesawat menjadi normal kembali,” ujarnya.


Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi mengakui jika dunia aviasi memang sarat dengan regulasi dan aturan. Namun, di sisi lain suatu penerbangan juga harus bertanggung jawab dengan keselamatannya.

“Kondisi yang dialami ini tentunya dilema, karena kalau diteruskan tiba-tiba ada apa maka akan lebih fatal lagi akibatnya,” kata Budi

Ia melihat sejauh ini ada penerbangan ditunda jangan langsung menyalahkan tetapi harus dilihat dulu persoalannya seperti apa. Dirinya pun yakni maskapai Batik Air akan bertanggung jawab.

Artinya, kedepan perlu ada pengertian antara penumpang dan penerbangan. Karena jika tidak ada penerbangan juga akan susah. Meskipun begitu, pihaknya akan meminta maskapai Batik Air untuk memberikan klarifikasi.

“Saya sepakat kalau batik air harus memberikan klarifikasi atas persoalan yang terjadi kemarin,” tutupnya.


Demikianlah Artikel Heboh, Video Penumpang Pesawat Batik Air Mengamuk Gara-Gara Mesin Mati

Sekianlah artikel Heboh, Video Penumpang Pesawat Batik Air Mengamuk Gara-Gara Mesin Mati kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Heboh, Video Penumpang Pesawat Batik Air Mengamuk Gara-Gara Mesin Mati dengan alamat link https://hyber-edukasi.blogspot.com/2018/12/heboh-video-penumpang-pesawat-batik-air.html

0 Response to "Heboh, Video Penumpang Pesawat Batik Air Mengamuk Gara-Gara Mesin Mati"

Posting Komentar

Postingan Populer