Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9

Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9 - Hallo sahabat Berita Informasi Dan Tutorial Teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pelajaran Seni Budaya, Artikel Pendidikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9
link : Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9

Baca juga


Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9

Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9 – Kesenian memang merupakan hal yang selalu ada di dalam kawasan Indonesia dan kesenian ini selalu di jaga sampai saat ini, bahkan di jadikan sebagai Mata Pelajaran di Sekolah.
Yaitu Pelajaran Seni Budaya, yang dimana di peruntukan untuk saling mengenal antar seni daerah dan untuk menjaga kesenian budaya Indonesia.
Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9

Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Seni Grafis, yang merupakan Pelajaran Seni Budaya yang di peruntukan atau pelajaran untuk SMP atau Mts.
Seni Grafis merupakan pelajaran dari Seni Budaya kelas IX ( 9 ) SMP atau Mts. Seni Grafis sendiri di bagi menjadi 3 bagian yaitu
1. Pengertian Seni Grafis
2. Teknik Dalam Seni Grafis
3. Praktik Berkarya Seni Grafis
Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Seni Grafis ini...
Yuk, Adik-adik semuanya, kita lihat di bawah ini...

A. Seni Grafis

Istilah Grafis dari bahasa inggris adalah Graph atau Graphic yang berarti dapat membuat lukisan, dengan cara di toreh atau di gores.
Seni Grafis termasuk Karya Seni Rupa Dwimatra yang di buat untuk mencurahkan ide/gagasan dan emosi seseorang dengan menggunakan teknik cetak.

Seni Grafis adalah Cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak dan biasanya di atas kertas.
Dan Seni Grafis di ciptakn di atas permukaan yang di sebut dengan Flat, Logam, Lembaran Kaca Akrilik. Lembaran Linoleum atau Batu Linografi.

Istilah Seni Grafis di kenal juga dengan seni mencetak. Grafis berasal dari bahasa Yunani yaitu “ Graphein” yang artinya Menulis atau Menggambar.
Alat Cetak Klise ( memperbanyak gambar ) tekniknya dengan menggores atau mencukil pada sekepig papan, gips, logam, atau bahan lainnya.

Dan hasil cukilan di olesi Tinta, kemudian di lekatkan pada selembar kertas dan di tekan dan tinta dari acuan melekat pada kertas inilah yang di sebut dengan Seni Grafis.
Secara Kronologis seni grafis di Indonesia muncul sekitar Tahun 1950-an, tokohnya yairu Suromo dan Abdul Salam di Jogjakarta.

Rangkuman 

Seni Grafis merupakan bagian dari seni rupa 2 Dimensi. Grafis di ambil dari bahasa inggris “ Graph “ yang berarti membuat tulisan, gambar dengan cara di toreh atau di gores, seni Grafis pembuatannya melalui tehnik cetak.
Ragam seni grafis ada 4 Jenis yaitu :
a. Cetak Tinggi : Prosesnya dari cetakan yang di cukil sehingga membentuk relief.
b. Cetak Saring : Proses bahan Screen atau kain yang di lapisi bahan peka cahaya.
c. Cetak Dalam : Prosesnya dari cetakan aluminium yang di toreh dengan alat tajam.
d. Cetak Datar : Prosesnya melalui pemotretan dengan kamera, pencucian dan percetakan.
Bahan peralatan cetak tinggi yaitu : Papan, kertas, triplek, karet, dan hardboard.
Alat : Pahat, pencukil kayu, pensil, gunting, pisau cutter dan gergaji.


Demikianlah, Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9 , yang semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca semuanya yang sedang mencari Pengertia Dari Seni Grafis ini.
Dan ikti trus perkembangan blog ini, agar kamu mendapat artikel terbaru lainnya tentang Pendidikan.
Sekian, terima kasih.

Sumber : Media Sekolah APPs


Demikianlah Artikel Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9

Sekianlah artikel Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9 dengan alamat link https://hyber-edukasi.blogspot.com/2018/10/pengertian-dari-seni-grafis-pelajaran.html

0 Response to "Pengertian dari Seni Grafis Pelajaran Seni Budaya Bab IX Kelas 9"

Posting Komentar

Postingan Populer