Cara Anoa Berkembang Biak atau Reproduksi

Cara Anoa Berkembang Biak atau Reproduksi - Hallo sahabat Berita Informasi Dan Tutorial Teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Anoa Berkembang Biak atau Reproduksi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hewan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Anoa Berkembang Biak atau Reproduksi
link : Cara Anoa Berkembang Biak atau Reproduksi

Baca juga


Cara Anoa Berkembang Biak atau Reproduksi

Anoa merupakan hewan khas (Endemik) Sulawesi dan tak dijumpai di wilayah manapun di dunia. Secara umum, fisik Anoa sangat mirip dengan Kerbau hanya ukuran tubuhnya lebih kecil dari Kerbau. Itu sebabnya ada yang menyebut Anoa sebagai Kerbau kerdil.

Ada 2 jenis Anoa, yaitu Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) dan Anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis). Tubuh Anoa pegunungan lebih besar dari Anoa dataran rendah. Berat tubuh Anoa dewasa bisa mencapai 300 kilogram dengan tinggi 75 centimeter.

Anoa mempunyai tanda putih pada bagian wajah dan kakinya. Sering juga ditemukan ada warna putih samar menyerupai bulan sabit di area tenggorokan. Baik Anoa jantan maupun Anoa betina memiliki tanduk yang panjangnya bisa mencapai 38 centimeter.


Anoa adalah hewan pemakan tumbuhan (Herbivora). Makanan utamanya adalah Pakis, Rumput, Tunas pohon, Buah-buahan yang jatuh dan beberapa jenis Umbi-umbian. Anoa juga mengkonsumsi air laut untuk mencukupi kebutuhan mineral mereka.

Anoa termasuk hewan liar yang sangat peka terhadap kehadiran manusia dan hewan lain. Hal inilah yang menyebabkan Anoa tak bisa dijinakkan atau dipelihara seperti Kerbau. Ia menyukai wilayah hutan yang belum terjamah oleh manusia.

Cara Anoa berkembang biak atau reproduksi

Anoa termasuk hewan Mamalia, yaitu hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan menyusui anaknya. Anoa telah matang secara seksual dan siap berkembang biak saat ia mencapai usia 2 hingga 3 tahun. Anoa tidak mempunyai musim kawin. Umumnya seekor Anoa betina hanya melahirkan 1 ekor anak saja, sangat jarang ditemukan ada Anoa yang melahirkan lebih dari 1 ekor anak.

Masa kehamilan Anoa berlangsung selama 276 hingga 315 hari. Saat dilahirkan, bayi Anoa memiliki bulu berwarna cokelat keemasan atau kekuningan dan sangat tebal. Warna bulunya secara perlahan akan berubah menjadi lebih gelap seiring pertumbuhannya. Anoa muda akan disapih setelah ia berusia 6 hingga 9 bulan, selanjutnya ia siap untuk hidup dan mencari makan sendiri. Anoa dapat hidup antara 15 hingga 20 tahun di alam liar.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Cara Tapir Berkembang Biak atau Reproduksi

Demikian artikel tentang cara Anoa berkembang biak atau reproduksi. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Cara Anoa Berkembang Biak atau Reproduksi

Sekianlah artikel Cara Anoa Berkembang Biak atau Reproduksi kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Anoa Berkembang Biak atau Reproduksi dengan alamat link https://hyber-edukasi.blogspot.com/2016/08/cara-anoa-berkembang-biak-atau.html

0 Response to "Cara Anoa Berkembang Biak atau Reproduksi"

Posting Komentar

Postingan Populer