Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap

Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap - Hallo sahabat Berita Informasi Dan Tutorial Teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pelajaran PAI, Artikel Pendidikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap
link : Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap

Baca juga


Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap

Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap – Setiap buku pelajaran yang ada di sekolah memiliki berbagai macam jeni dari sekian buku dan semua buku itu di buat atau di tunjukan menurut mata pelajaran di sekolah, dan juga memiliki isi atau pelajaran sesuai tingkatannya.
Contohnya yaitu kelas 1 dan kelas 2 itu berbeda bukunya.
Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap

Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap

Semakin hari semakin berkembangnya pendidikan dan berbagai buku di siapkan untuk murid – murid belajar dengan baik, tertib dan setiap meja per murid di berikan buku pelajaran satu satu, agar mempermudah dalam proses pembelajaran.
Tidak seperti jaman dulu, buku hanya sedikit dan setiap mata pelajaran hanya ada satu dan sebagai murid harus benar – benar jeli dan fokus mendengarkan apa yang di sampaikan guru terhadap muridnya.

Maka dari itu jangan sia – siakan buku pelajaran dan belajarlah dengan giat.
Dan bukan hanya itu saja, buku sekarang sudah di lengkapi dengan Rangkuman – Rangkuman yang merupakan isi inti dari pelajaran satu Bab di buku pelajaran.
Salah satu contohnya yaitu Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Nah, berikut di bawah ini merupaka Rangkuman PAI Untuk Kelas 8 Smp dan MTs semester satu, untuk semakin mempermudahkan kamu pelajar dari inti pembelajaran tersebut.

Rangkuman PAI Semester Satu

BAB I.
A. Qolqolah Dan Ra

1. Qolqolah adalah Melafalkan huruf – huruf qolqolah dengan suara memantul dari makhrajnya :
a. Hurup qolqolah ada 5 yaitu :
b. Qolqolah ada 2 macam, yaitu Qolqolah Kubro ( besar ) dan qolqolah Sugra ( kecil ).
2. Hukum bacaan ra ada 3 yaitu :
1. Tafkhim ( tebal ).
2. Tarqiq ( tipis ).
3. Jawazul Wajhain ( boleh di baca takhim boleh di bawa tarqiq ).

BAB II.
A. Iman Kepada Kitab Allah

1. Iman kepada kitab allah merupakan rukun yang ke-3. Beriman kepada allah, berarti kita harus mempercayai dan mengamalkan segala sesuatu yang terkandung di dalam kitab tesebut.
2. Suhuf atau Sahifah artinya Wahyu yang di terima oleh para nabi dan rasul yang di kumpulkan, yaitu semacam lembaran atau brosur – brosur kecil.
Kumfulan suhuf bentuknya lebih besar, dri suhuf itulah yang di namakan kitab.
3. Fungsi iman kepada kitab allah adalah sebagai penuntun manusia ke jalan yang benar.
4. Al-Qur’an adalah Kumpulan firman allah yang di wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Keasliannya di jaga oleh allah swt, sampai akhir zaman . sedangkan kitab yang turun sebelum Al – Qur’an tidak terjaga keasliannya.

Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap

BAB III.
A. Zuhud dan Tawakal

1. Zuhud adalah melepaskan diri dari keterikatan duniawi atau melepaskan diri dari di perbudak oleh duniawi.
2. Zuhud bukan melepaskan diri terhadap kebutuhan dunia, karena hidup tidak bisa di pisahkan dengan kebutuhan.
3. Zuhud merupakan akhlak mulia yang di ajarkan oleh islam.
4. Tawakal artinya berserah diri kepada allah swt, atas hasil usaha kita setelah berusaha dengan sungguh – sungguh di sertai doa.
5. Tawakal merupakan akhlak terpuji.

BAB IV.
A. Akhlak Tercela ( Akhlaqul Mazmumah )

1. Akhlak merupakan sifat yang tumbuh dan menyatu di dalam diri seseorang.
2. Terdapat 2 jenis akhlak, yaitu : Akhlak mahmudah dan akhlak mazmumah.
3. Contoh akhlak mazmumah antara lain ananiah ( egois ), gadab ( pemarah ), hasad ( iri dengki ), gibah ( menggunjing ) dan namimah ( adu domba/ provokasi ).
4. Kita harus menghindari diri dari penyakit – peyakit hati agar kita tetap di cintai oleh manusia dan allah swt.

BAB V.
A. Sholat Sunnah Rawatib

Sholat Sunnah Rawatib adalah sholat sunnah yang mengiringi sholat fardhu lain waktu. Sholat sunnah Rawatib ada yang di kerjakan sebelum sholat fardu yang di sebut Sunnah Qobliyah dan ada yang di kerjakan sesudah sholat fardu yang di sebut sunnah Ba’diyah.
Dan Sholat sunnah Rawatib  ada 2 macam yaitu : Rawatib Muakkad ( Lebih di utamakan ) dan Gairu Muakkad ( Kurang di utamakan ).

BAB VI.
A. Macam – Macam Sujud

1. Sujud Syukur adalah sujud yang di kerjakan ketika seseorang memperoleh kenikmatan besar dari allah swt atau terhindar dari suatu bahaya.
2. Sujud Sahwi di lakukan apabila dalam keadaan sholat mengalami kesalahan atau keragu – raguan dalam rakaatnya.
3. Sujud Tilawah adalah sujud yang di lakukan ketika bertemu dengan ayat dalam bacaan al – qur’an ‘sajdah’.

Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap

BAB VII
A. Puasa

1. Puasa menurut bahasa berarti menahan diri dari sesuatu, menurut istilah ialah menahan diri dari sesuatu yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai terbenam matahari dengan niat dan syarat – syarat tertentu.
2. Puasa wajib adalah puasa yang hukumnya wajib jika di kerjakan mendapat pahala dan jika di tinggalkan akan mendapat dosa.
3. Contoh puasa wajib yaitu : Puasa Ramadan, Puasa Nazar dan Puasa Kafarat.
4. Puasa sunnah adalah Puasa yang rukunnya sunnah jika di kerjakan akan mendapat pahala dan tetapi jika di tinggalkan baginya tidak berdosa.
5. Contoh puasa sunnah yaitu : Puasa senin kamis, Puasa 6 hari pada bulan syawal, Puasa Arafah, Puasa Tarwiyah, Puasa Nabi Daud dan yang lainnya.

BAB VIII
A. Zakat

1. Zakat merupakan ibadah sosial ( ijtimaiah ) yang berhubungan dengan kekayaan, tetapi juga mengandung pendidikan agar umat islam memerhatikan masyarakat yang lemah atau kekurangan.
2. Selain itu, Zakat membersihkan diri dari berbagai penyakit jiwa , juga membersihkan harta, karena sebagian harta orang kaya milik orang miskin.
3. Zakat di bagi menjadi 2 yaitu Zakat Fitrah dan Zakat Mal. Zakat Fitrah adalah zakat yang berupa makanan pokok yang mengenyangkan. Sedangkan Zakat Mal adalah zakat yang berupa harta benda yang harus di berikan yang berhak menerima.


Demikianlah , Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu, yang semoga bermanfaat dan berguna untuk adik – adik semuanya yang sedang belajar PAI dan sedang mencari rangkumannya untuk mengisi atau mengerjakan PR dari sekolah.
Semangat terus ya dik belajarnya, amin.

Sumber : Media Sekolah APPs


Demikianlah Artikel Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap

Sekianlah artikel Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap dengan alamat link https://hyber-edukasi.blogspot.com/2018/11/kumpulan-rangkuman-pelajaran-pendidikan_43.html

0 Response to "Kumpulan Rangkuman Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) Kelas 8 SMP dan MTs Semester Satu ( I ) Lengkap"

Posting Komentar

Postingan Populer