Kisah Dokter Terpaksa Minum Cairan Infus di Tengah Kesulitan Air di Palu

Kisah Dokter Terpaksa Minum Cairan Infus di Tengah Kesulitan Air di Palu - Hallo sahabat Berita Informasi Dan Tutorial Teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kisah Dokter Terpaksa Minum Cairan Infus di Tengah Kesulitan Air di Palu, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Daerah, Artikel Gempa di Palu, Artikel Sulawesi, Artikel Sulawesi Tengah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kisah Dokter Terpaksa Minum Cairan Infus di Tengah Kesulitan Air di Palu
link : Kisah Dokter Terpaksa Minum Cairan Infus di Tengah Kesulitan Air di Palu

Baca juga


Kisah Dokter Terpaksa Minum Cairan Infus di Tengah Kesulitan Air di Palu

Jurnalindonesia.co.id - Riyadh Farid, dokter spesialis anastesi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang saat ini menjadi salah satu relawan kesehatan di lokasi bencana gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), mengaku sampai minum cairan infus untuk bisa bertahan hidup. Hal tersebut terpaksa dia lakukan lantaran langkanya ketersediaan air untuk dikonsumsi.

"Kami sampai coba bertahan dengan minum seteguk, dua teguk cairan infus. Kami tidak mungkin minta ke warga yang juga kesusahan," kata Riyadh kepada CNNIndonesia.com di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng di Palu, Jumat (5/10/2018).

Riyadh dan para relawan kesehatan lainnya mengunjungi lokasi bencana satu hari setelah gempa berkekuatan 7,4 SR mengguncang Palu dan beberapa kota lainnya di Sulteng.

Gempa dan tsunami membuat warga serba kesusahan. Bukan hanya air minum dan bahan makanan, selama beberapa hari mereka hidup dalam kegelapan dengan rusaknya lima gardu induk utama.

Suplai bahan bakar yang menipis pun membuat warga Palu kesulitan untuk berpindah tempat, baik mencari keluarga yang hilang, atau mendapatkan barang-barang untuk bertahan hidup.

Baca: Warga Korban Gempa: Jangan Sebut Kami Penjarah, 3 Hari Kami Tanpa Makanan



Minim pasokan bahan bakar itu juga sempat dialami Riyadh saat hendak menuju lokasi bencana yang berada di pelosok Sulteng. Menurutnya, hal tersebut membuat mobilisasi relawan kesulitan.

Berbagai macam kisah suka dan duka Riyadh ceritakan selama bertugas di Sulteng. Misalnya saat dia tak bisa menahan rasa haru karena ditawari dan makan bersama dengan warga korban gempa serta tsunami.

"Waktu itu pengungsi masak seadanya. (Terus bilang) pak dokter, ayo makan bareng kita supaya kuat. Itu benar-benar bahagia," ucapnya.

Saat ini, menurut data Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan sebanyak 855 relawan kesehatan telah diterjunkan untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulteng. Mereka terdiri atas 81 dokter spesialis, 430 perawat, 102 dokter umum, 242 tenaga medis lainnya.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto mengungkapkan, jumlah tersebut belum termasuk relawan kesehatan yang berada di Kapal Republik Indonesia (KRI) Soeharso dan Kapal Rumah Sakit Ksatria Airlangga.

Dia menegaskan, pengerahan relawan kesehatan ini dilakukan untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat yang di luar jangkauan.

"Ini kekuatan besar kami dalam melakukan (pelayanan kesehatan) outreach," ujar Achmad.

Namun, dia mengakui upaya penjangkauan yang ditempuh pihaknya ini sempat menghadapi sejumlah kendala terutama ketergantungan pada BBM. Menurutnya, hal tersebut telah ditangani dengan berkoordinasi bersama Pertamina.

"(Sudah ada) solusi dan komitmen dari Pertamina beri privilege untuk mobil kesehatan bisa masuk. Ini bisa jadi satu penyelesaian," tutur Achmad.

Baca juga: Gerindra Nilai Pemerintah Lambat Tangani Bencana Palu dan Donggala



---

CNN INDONESIA


Demikianlah Artikel Kisah Dokter Terpaksa Minum Cairan Infus di Tengah Kesulitan Air di Palu

Sekianlah artikel Kisah Dokter Terpaksa Minum Cairan Infus di Tengah Kesulitan Air di Palu kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kisah Dokter Terpaksa Minum Cairan Infus di Tengah Kesulitan Air di Palu dengan alamat link https://hyber-edukasi.blogspot.com/2018/10/kisah-dokter-terpaksa-minum-cairan.html

0 Response to "Kisah Dokter Terpaksa Minum Cairan Infus di Tengah Kesulitan Air di Palu"

Posting Komentar

Postingan Populer