Mengenal Lebih Dekat Si Ikan Terbang

Mengenal Lebih Dekat Si Ikan Terbang - Hallo sahabat Berita Informasi Dan Tutorial Teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Lebih Dekat Si Ikan Terbang, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hewan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Lebih Dekat Si Ikan Terbang
link : Mengenal Lebih Dekat Si Ikan Terbang

Baca juga


Mengenal Lebih Dekat Si Ikan Terbang

Pernah dengar tentang seekor ikan yang bisa terbang?, ya namanya ikan terbang. Di Indonesia ikan ini bisa kita temukan di perairan Sulawesi, Papua dan Flores. Ikan terbang memiliki nilai ekonomis tinggi, terutama telurnya yang kaya akan gizi.

Bentuk fisik ikan terbang

Ikan terbang memiliki warna kulit biru gelap dengan perut berwarna putih mengkilap, sirip dada sangat panjang dan lebar, sirip ekor membentuk huruf V. Mata ikan terbang relatif lebih besar dibanding spesies ikan lainnya. Panjang tubuh rata-rata ikan terbang sekitar 18 cm dengan bentuk tubuh bulat memanjang.


Kemampuan "terbang" ikan terbang

Ikan terbang sebenarnya tidak benar-benar terbang seperti burung atau hewan bersayap lainnya yang sanggup terbang. Lebih tepatnya, ikan terbang hanya "melayang" di udara dalam waktu yang cukup lama, sehingga orang kemudian menyebutnya sebagai ikan terbang atau flying fish.

Ikan terbang merupakan ikan yang hidup di permukaan perairan, ikan ini melompat keluar dari air untuk menghindar dari serangan predator atau menghindar cepat dari kapal atau perahu nelayan yang melintas. Ia berenang dengan kecepatan tinggi (mencapai 56 kilometer per jam) di permukaan air. Setelah mendapat momentum yang tepat, ia akan menyeruak keluar dari dalam air.

Dorongan yang kuat dari ekor mampu membuat ikan ini melayang ke udara, setelah itu sirip dadanya yang lebar dan panjang akan terbentang seperti sayap. Saat itulah ikan terbang terlihat benar-benar seperti terbang.


Berbeda dengan sayap burung, sirip ikan terbang yang membentang seperti sayap tidak bisa mengepak saat terbang. Sirip tersebut hanya mampu berperan untuk menangkap angin saja, supaya ia dapat bertahan di udara selama mungkin.

Ikan terbang dilaporkan dapat terbang hingga kecepatan 70 kilometer per jam dengan rekor waktu terlama berada di udara selama 45 detik. Saat terbang di udara, ikan terbang ternyata menahan nafasnya, sama halnya dengan kita saat berenang atau menyelam di dalam air.


Demikian artikel tentang mengenal lebih dekat si ikan terbang. Semoga bermanfaat. 


Demikianlah Artikel Mengenal Lebih Dekat Si Ikan Terbang

Sekianlah artikel Mengenal Lebih Dekat Si Ikan Terbang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Lebih Dekat Si Ikan Terbang dengan alamat link https://hyber-edukasi.blogspot.com/2016/08/mengenal-lebih-dekat-si-ikan-terbang.html

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Si Ikan Terbang"

Posting Komentar

Postingan Populer