5 Manfaat Ekor Bagi Hewan

5 Manfaat Ekor Bagi Hewan - Hallo sahabat Berita Informasi Dan Tutorial Teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 5 Manfaat Ekor Bagi Hewan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hewan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 Manfaat Ekor Bagi Hewan
link : 5 Manfaat Ekor Bagi Hewan

Baca juga


5 Manfaat Ekor Bagi Hewan

Segala sesuatu yang diciptakan Tuhan pastilah ada manfaatnya, begitu juga dengan adanya ekor pada hewan. Mungkin ada di antara sahabat Cinta Sains yang bertanya, kira-kira apa saja manfaat ekor tersebut bagi hewan yang memilikinya?. Berikut ini Cinta Sains mengupasnya dalam artikel 5 manfaat ekor bagi hewan. Selamat membaca.


Berikut adalah 5 manfaat ekor bagi hewan yang perlu kita ketahui :

1. Menjaga keseimbangan tubuh dan menjaga pergerakan hewan
Pada beberapa binatang, ekor memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan tubuhnya, terutama saat melakukan aktivitas tertentu. 
Contoh : Kucing menggunakan ekor sebagai alat penyeimbang saat ia berjalan di atap rumah atau tembok tinggi agar tidak jatuh. Sementara burung dan ikan menggunakan ekor mereka untuk mengendalikan pergerakan layaknya kemudi.


2. Sebagai senjata atau alat untuk menyerang dan pertahanan diri
Mempertahankan diri untuk hidup adalah hal penting bagi hewan yang hidup di alam liar. Pada beberapa hewan tertentu, ekor juga bisa berfungsi sebagai senjata untuk menyerang dan mempertahankan diri.
Contoh : Kalajengking menggunakan ekornya untuk menyerang, sementara Cicak dan Kadal menggunakan ekornya untuk mempertahankan diri.

3. Sebagai sarana komunikasi
Hewan juga menggunakan ekor mereka untuk berkomunikasi dengan sesamanya. 
Contoh : Merak jantan memamerkan ekor mereka yang indah untuk menarik perhatian betina dan memberi tahu betina bahwa ia telah siap untuk kawin. 

4. Menjaga suhu tubuh dari hawa dingin
Ekor pada hewan juga bisa berfungsi sebagai penghangat layaknya sebuah selimut.
Contoh : Rubah menggunakan ekor mereka yang panjang dan hangat sebagai selimut untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin.


5. Sebagai tangan
Ada hewan-hewan yang ekornya ternyata bisa difungsikan sebagai layaknya tangan untuk melakukan aktivitas tertentu.
Contoh : Monyet menggunakan ekornya yang panjang untuk membelit cabang pohon saat ia berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya agar tidak terjatuh. Begitu juga yang dilakukan Bunglon saat ia berpindah dari satu cabang ke cabang pohon lainnya. Ekor mereka lentur dan bisa membelit untuk berpegangan kuat pada dahan atau cabang pohon.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Kadal, Hewan Cerdik yang Mampu Memutuskan Ekornya Sendiri

Demikian artikel tentang 5 manfaat ekor bagi hewan. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel 5 Manfaat Ekor Bagi Hewan

Sekianlah artikel 5 Manfaat Ekor Bagi Hewan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 Manfaat Ekor Bagi Hewan dengan alamat link https://hyber-edukasi.blogspot.com/2016/08/5-manfaat-ekor-bagi-hewan.html

0 Response to "5 Manfaat Ekor Bagi Hewan"

Posting Komentar

Postingan Populer