Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap

Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap - Hallo sahabat Berita Informasi Dan Tutorial Teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Muslim, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap
link : Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap

Baca juga


Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap

Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap – Setelah kita mempelajari tentang Najis, Pembagian Najis dan Najis yang di maafkan. Untuk kesempatan kali ini, kita akan bersama – sama mempelajari tentang Istinja dari Pengertia, Adab dan Caranya.
Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap
a. Pengertian Istinja

Pengertian Istinja adalah menghilangkan najis atau menipiskannya dan segala yang keluar dari kubul ( kemaluan depan ) dan dubur ( kemaluan belakang ) seperti kencing dan berak, wajib di sucikan dengan air hingga bersih.

b. Barang yang dapat di pergunakan untuk beristinja

Yaitu :
1. Air
2. Batu ( tiga batu atau batu yang punya tiga sisi )
3. Benda yang keras, kesat, suci, tidak di anjurkan memakai kayu, tisu, dan yang lainnya
Dan istinja di lakukan sebelum kotoran kering dan kotoran itu tidak menyebar sampai mengenai tempat selain jalan keluarnya, apabila kotoran sudah kering, maka wajib di bersihkan dengan air.

Al-Bukhari (149) dan Muslim (271) telah meriwatkan dari Anas bin Malik RA, dia bersabda:

 كَانَ رَسُوْلُ اللهِ يَدْخُلُ الْخَلاَءَ، فَاَحْمِلُ اَناَ وَغُلاَمٌ 

Pernah Rasulullah SAW masuk kakus. Maka, saya bersama seorang anak sebaya saya membawakan sebuah bejana berisi air dan sebatang tombak pendek. Lalu beliau beristinja’ dengan air itu.

Al-khala’: tempat kosong, maksudnya kakus.
Idawah: bejana kecil dari kulit.
Anzah: tombak pendek yang ditancapkan di depan tempat sujud, sebagai pembatas.
Yastanji: membersihkan diri dari bekas najis.

Al-Bukhari (155) dan lainnya, juga meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud RA, dia berkata:

 اَتىَ النَّبِيُّ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْغَائِطَ، فَاَمَرَنِى اَنْ اَتِيَهُ بِثَلَثَةِ اَحْجَارٍ 

Nabi SAW mendatangi tempat membuang hajat, lalu beliau menyuruh saya membawakan untuk beliau tiga butir batu. Al-Gha’ith: tanah cekung tempat membuang hajat; dan digunakan pula untuk menyebut sesuatu yang keluar dari dubur.

Abu Daud (40) dan lainnya meriwayatkan dari ‘Aisyah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 اِذَا ذَهَبَ اَحَدُكُمْ اِلَى الْغاَئِطِ فَلْيَذْهَبْ مَعَهُ بِثَلَثَةِ اَجْحَارٍ يَسْتَطِيْبُ بِهِنَّ، فَاِنَّهَا تُجْزِئُ عَنْهُ. 

Apabila seorang dari kamu sekalian pergi membuang hajat, maka hendaklah membawa serta tiga butir batu untuk beristinja’. Sesungguhnya tiga batu itu akan mencukupinya.

Yastathibu: menyehatkan diri, maksudnya: beristinja’. Disebut demikian, karena orang yang beristinja’ itu menyehatkan dirinya dengan menghilankan kotoran dari temapt keluarnya.

Sedang Abu Daud (44), at-Tirmidzi (3099) dan Ibnu majah (357) meriwayatkan dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda:

 نَزَلَتْ هَذِهِ اْلاَيَةُ فِى اَهْلِ قُبَاءَ

Ayat beikut ini turun mengenai orang-orang Quba’: “Di dalamnya (masjid Quba’) ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih (Q.S. at-taubah 108).

Sabda Nabi: “Mereka beristinja’ dengan air, oleh karenanya maka turunlah ayat ini.” Muslim (2622) meriwayatkan pula dari Salman RA, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda:

 لاَ يَسْتَنْجِى اَحَدُكُمْ بِدُوْنِ ثَلاَثَةِ اَجْحَارٍ 

Janganlah seorang dari kamu sekalian beristinja’ dengan kurang dari tiga butir batu. Sedang al-Nukhari (160) dan Muslim (237) meriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 وَمَنِ اسْتَجْمَرَ فَلْيُوْتِرْ 

Dan barangsiapa beristijmar, maka ganjilkanlah. Istijmara: beristijmar, yakni mengusapkan al-jimar (batu bata kecil).



Demikianlah, Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap, yang semoga bermanfaat dan berguna bagi para pembaca semuanya.



Demikianlah Artikel Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap

Sekianlah artikel Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap dengan alamat link https://hyber-edukasi.blogspot.com/2018/10/pengertian-dan-barang-yang-di-gunakan.html

0 Response to "Pengertian dan Barang Yang Di Gunakan Untuk Ber’istinja Lengkap"

Posting Komentar

Postingan Populer