Pengertian energi dan satuan energi berikut hukum kekekalan energi | Cinta sain

Pengertian energi dan satuan energi berikut hukum kekekalan energi | Cinta sain - Hallo sahabat Berita Informasi Dan Tutorial Teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian energi dan satuan energi berikut hukum kekekalan energi | Cinta sain, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Definisi, Artikel Energi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian energi dan satuan energi berikut hukum kekekalan energi | Cinta sain
link : Pengertian energi dan satuan energi berikut hukum kekekalan energi | Cinta sain

Baca juga


Pengertian energi dan satuan energi berikut hukum kekekalan energi | Cinta sain

Pengertian energi adalah kemampuan untuk melakukan suatu tindakan atau pekerjaan (usaha). Kata “Energi” berasal dari bahasa yunani yaitu “ergon” yang berarti kerja.

Dalam melakukan sesuatu kita selalu memanfaatkan energi, baik secara sadar maupun tidak sadar, Contohnya ketika kita berjalan kita memerlukan energi. Namun setiap kegiatan memerlukan energi dalam jumlah dan bentuk yang berbeda-beda.

Energi tidak dapat dilihat namun pengaruhnya dapat dirasakan. Energi dapat berubah bentuk dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Contohnya pada setrika terjadi perubahan bentuk dari energi listrik menjadi energi panas.

SATUAN ENERGI
Satuan Internasional untuk energi adalah Joule (J), satuan ini digunakan untuk menghormati james Presscot Joule dan percobaannya dalam persamaan mekanik panas. Satuan lain untuk energi adalah Kalori (Kal).

Hubungan antara Joule dengan Kalori adalah sebagai berikut :
1 kalori = 4,2 Joule atau
1 Joule = 0,24 kalori

Hubungan Joule dengan Satuan Internasional Dasar lain :
1 Joule = 1 Newton-Meter dan
1 Joule = 1kg m² s-²

HUKUM KEKEKALAN ENERGI
Dalam ilmu fisika, hukum kekekalan energi menyatakan bahwa jumlah energi dari sebuah sistem tertutup itu tidak berubah—ia akan tetap sama.
Energi tersebut tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan oleh manusia ; namun ia dapat berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lain.
Contohnya, energi kimia dapat diubah menjadi energi kinetik dalam ledakan dinamit.

Hukum Kekekalan Energi (Hukum I Termodinamika) berbunyi:
"Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain tetapi tidak bisa diciptakan atau dimusnahkan (konversi energi)."

Demikian penjelasan mengenai satuan energi dan hukum kekekalan energi, semoga bermanfaat bagi sahabat cinta sains.



Demikianlah Artikel Pengertian energi dan satuan energi berikut hukum kekekalan energi | Cinta sain

Sekianlah artikel Pengertian energi dan satuan energi berikut hukum kekekalan energi | Cinta sain kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian energi dan satuan energi berikut hukum kekekalan energi | Cinta sain dengan alamat link https://hyber-edukasi.blogspot.com/2018/08/pengertian-energi-dan-satuan-energi.html

0 Response to "Pengertian energi dan satuan energi berikut hukum kekekalan energi | Cinta sain"

Posting Komentar

Postingan Populer