Pengertian gerhana bulan, dan proses terjadinya gerhana bulan | Cinta sain

Pengertian gerhana bulan, dan proses terjadinya gerhana bulan | Cinta sain - Hallo sahabat Berita Informasi Dan Tutorial Teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian gerhana bulan, dan proses terjadinya gerhana bulan | Cinta sain, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Bumi, Artikel Tata Surya, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian gerhana bulan, dan proses terjadinya gerhana bulan | Cinta sain
link : Pengertian gerhana bulan, dan proses terjadinya gerhana bulan | Cinta sain

Baca juga


Pengertian gerhana bulan, dan proses terjadinya gerhana bulan | Cinta sain

Gerhana bulan merupakan satu peristiwa yang terjadi dimana kedudukan matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus, sehingga bayangan bumi menutupi sebagian ataupun keseluruhan bulan.

Proses terjadinya gerhana bulan ini dimulai saat bumi berada di antara matahari dan juga bulan pada satu garis yang sama. Hal ini mengakibatkan sinar matahari tidak sampai ke bulan karena terhalang oleh bumi.

Proses terjadinya gerhana bulan ini  sebagai berikut:
  1. Dimulai ketika bulan yang bersinar terang tertutup sedikit demi sedikit oleh bayangan hitam. Bayangan hitam tersebut adalah bayangan dari bumi.
  2. Setelah itu bulan hanya terlihat sebagian dan semakin lama bulan akan terlihat meyabit.
  3. Setelah bulan mulai menyabit, lama- kelamaan bulan akan tampak menghilang karena tertutup penuh oleh bayangan bumi. Ketika saat inilah kita tidak dapat melihat bulan dan bulan seperti menghilang.
  4. Setelah bulan tertutup semua dan tampak seperti menghilang, kemudian kita akan menyaksikan bulan kembali muncul dari arah yang pertama kali bulan itu menghilang. Munculnya bulan ini dimulai dari bentuk bulan tersebut sabit, setelah itu bulan tersebut semakin lama akan semakin kelihatan dan menjadi setengah, dan semakin lama akan semakin utuh sehingga tampak lagi seperti semula.

Baca juga
Jenis-jenis gerhana bulan berikut penjelasannya

Itulah beberapa proses terjadinya gerhana bulan ini dari awal hingga akhir, ketika terjadi gerhana bulan akan membutuhkan waktu beberapa menit hingga berjam lamanya.
Demikian pngertian tentang gerhana bulan, semoga bermanfaat bagi sahabat cinta sain.


Demikianlah Artikel Pengertian gerhana bulan, dan proses terjadinya gerhana bulan | Cinta sain

Sekianlah artikel Pengertian gerhana bulan, dan proses terjadinya gerhana bulan | Cinta sain kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian gerhana bulan, dan proses terjadinya gerhana bulan | Cinta sain dengan alamat link https://hyber-edukasi.blogspot.com/2018/07/pengertian-gerhana-bulan-dan-proses.html

0 Response to "Pengertian gerhana bulan, dan proses terjadinya gerhana bulan | Cinta sain"

Posting Komentar

Postingan Populer