Berapa Banyak Jumlah Garam yang Ada di Laut?

Berapa Banyak Jumlah Garam yang Ada di Laut? - Hallo sahabat Berita Informasi Dan Tutorial Teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Berapa Banyak Jumlah Garam yang Ada di Laut?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Air, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Berapa Banyak Jumlah Garam yang Ada di Laut?
link : Berapa Banyak Jumlah Garam yang Ada di Laut?

Baca juga


Berapa Banyak Jumlah Garam yang Ada di Laut?

Jika kita mengambil air laut dan meminumnya, maka kita akan merasakan rasa asin bercampur pahit yang pekat. Menurut para ahli, laut sudah asin pada waktu terbentuk jutaan tahun yang lalu. Air laut asin karena mengandung kadar garam yang tinggi. Lalu berapa banyak jumlah garam yang ada di laut?.


Air laut memiliki kadar garam karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat dalam batu-batuan dan tanah, seperti Natrium, Kalium dan Kalsium. Saat air sungai mengalir ke lautan, air tersebut juga membawa garam. 

Kadar garam di beberapa lautan bervariasi, namun umumnya air laut mengandung 3,5% garam. Dengan kadar garam 3,5%, berarti dalam 1 liter (1000 ml) air laut terdapat 35 gram garam yang sebagian besarnya merupakan garam dapur (NaCl).

Laut Merah adalah laut dengan kadar garam tertinggi di dunia. Sementara laut Baltik merupakan laut dengan kadar garam terendah.

Kadar garam yang ada di danau dapat lebih tinggi, contohnya laut Mati di Israel yang sebenarnya merupakan danau tertutup. Sebanyak 25% dari air laut mati adalah garam yang membuat gaya apung suatu benda menjadi tinggi. Di sana orang dapat mengapungkan tubuh dengan mudah.


Untuk membuktikan bahwa air laut mengandung garam, sahabat Cinta Sains dapat melakukan percobaan sebagai berikut :
  • Taruhlah air laut pada secarik kertas berwarna hitam
  • Biarkan air itu mengering dengan cara menjemurnya di bawah cahaya matahari atau dengan membiarkannya begitu saja
  • Saat air laut menguap, maka yang tertinggal adalah garam berwarna putih.
Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Jika Semua Sungai Mengalir ke Laut, Kenapa Laut Tak Meluap? 

Demikian artikel tentang berapa banyak jumlah garam yang ada di laut. Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Berapa Banyak Jumlah Garam yang Ada di Laut?

Sekianlah artikel Berapa Banyak Jumlah Garam yang Ada di Laut? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berapa Banyak Jumlah Garam yang Ada di Laut? dengan alamat link https://hyber-edukasi.blogspot.com/2016/11/berapa-banyak-jumlah-garam-yang-ada-di.html

0 Response to "Berapa Banyak Jumlah Garam yang Ada di Laut?"

Posting Komentar

Postingan Populer